Kamis, 29 Agustus 2019 pukul 07.30 WIB di dalam ruang GOR kampus II UMS berkumpul ratusan mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis tahun 2019/2020. Mereka semua mengikuti kegiatan ORIGAMI, yakni Orientasi Keluarga Mahasiswa Ekonomi kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FEB UMS) dalam rangka perkenalan antara mahasiswa baru FEB dengan seluruh civitas akademika di FEB UMS dan memberikan pembekalan pada mahasiswa baru tentang perkuliahan yang akan mereka laksanakan di masa mendatang ini mengambil tema “Mewujudkan Mahasiswa Ekonomi yang Kritis dan Progresif”.

Kegiatan diawali oleh pembukaan dan sambutan oleh Dekan FEB UMS, Dr. Syamsudin, MM. Beliau membuka acara dan menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru, kemudian bercerita tentang sekilas profil FEB UMS. Dekan juga menyampaikan profil seluruh jajaran pimpinan FEB.

Dilanjutkan oleh Wakil Dekan I bidang akademik, Dr. Anton Agus Setyawan, M.Si. menyampaikan visi misi FEB kemudian beberapa tips untuk mengikuti perkuliahan dengan benar. Dalam perkembangan zaman saat ini mahasiswa dan dosen dituntut aktif untuk selalu membuat karya ilmiah mengikuti kurikulum perkuliahan yang terbaru, tak lupa juga mahasiswa harus aktif dalam organisasi mahasiswa dan unit kegiatan mahasiswa. Beliau juga menyampaikan beberapa kerja sama perkuliahan double degree dan summer course FEB UMS dengan beberapa Universitas luar negeri, diantaranya Queensland University Technology, Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, National Dong Hwa University Taiwan, Hull University Inggris, dan lain-lain.

Sambutan ke-tiga diberikan oleh Ihwan Susila, M.Si., Ph.D. selaku Wakil Dekan II bidang administrasi dan keuangan mengenalkan seluruh civitas akademika di lingkungan FEB UMS mulai dari pimpinan fakultas dan rodi, dosen, dan tenaga kependidikan.

Drs. Atwal Arifin, M.Si. selaku Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, dalam sambutan ke-empat menyampaikan tentang beberapa unit kegiatan mahasiswa dan beberapa organisasi kemahasiswaan di tingkat fakultas.