Profil, Visi, Misi dan Tujuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMS

Profil Fakultas Ekonomi dan Bisnis


Fakultas Ekonomi didirikan pada tahun 1981 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0330/O/1981. Pada tahun 2012 nama Fakultas Ekonomi berubah menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 162/II/2012.

VISI


Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah pada tahun 2029 menjadi pusat unggulan pendidikan bidang ekonomi dan bisnis yang berdaya saing internasional sesuai tuntutan zaman dan memberi arah perubahan berdasar nilai-nilai ke-Islaman.

MISI


  1. Menyelenggarakan proses dan sarana pendidikan berdaya saing internasional dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang berkulitas.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penyelenggaraan riset yang berkualitas dan berdaya saing internasional,
  3. Menyelenggarakaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berdaya saing internasional yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan.

TUJUAN


  1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang dicirikan berupa bertaqwa kepada Tuhan YME;
  2. Mampu membelajarkan diri, mempunyai wawasan yang luas, memiliki disiplin dan etos kerja, tenaga professional yang tangguh, serta mampu bersaing;
  3. Menjadi pusat pengembangan IPTEK bidang ekonomi dan bisnis untuk mendorong pembangunan nasional dan internasional; dan
  4. Mampu memberdayakan masyarakat melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ekonomi dan bisnis dengan pendekatan ilmiah.

SASARAN


  1. Penguatan reputasi FEB UMS di level nasional dan internasional.
  2. Penguatan Tata Pamong, pemantapan Tata Kelola berbasis system informasi, dan Kerjasama internasional.
  3. Peningkatan employability lulusan pada entitas bereputasi.
  4. Produktivitas SDM yang komptetitif.
  5. Penguatan struktur pendanaan, transparansi dan akuntabilitas tata kelola keuangan serta peningkatan kualitas sarana dan prasarana.
  6. Peningkatan pengelolaan proses belajar mengajar, kurikulum dan jaminan pembelajaran.
  7. Peningkatan pengelolaan penelitian, baik dalam pelaksanaan, pendanaan, dan diseminasi hasil penelitian.
  8. Peningkatan pengelolaan pengabdian masyarakat, baik dalam pelaksanaan,pendanaan dan diseminasi hasil pengabdian kepada masyarakat (PkM).

STRATEGI


Penguatan reputasi FEB UMS di level nasional dan internasional dicapai dengan strategi sebagai berikut:
  • Pengembangan kurikulum berbasis nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan, capaian kompetensi, dan Learning Outcome,
  • Adapsi/konvergensi sistem penjaminan mutu berstandar nasional dan internasional
  • Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam bidang penalaran, minat dan bakat,
  • Kolaborasi dengan institusi dalam dan luar negeri untuk pengembangan pendidikan, penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian masyarakat.
Akselerasi kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis kebutuhan pemangku kepentingan dicapai dengan strategi sebagai berikut:
  • Pembentukan kelompok peneliti/pusat unggulan,
  • Pengembangan jaringan riset dengan industri/masyarakat,
  • Peningkatan jumlah publikasi ilmiah.
Kepeloporan dalam pendidikan Islami yang berkemajuan dicapai dengan strategi-stategi sebagai berikut:
  • Pembinaan terprogram terhadap lembaga pendidikan Muhammadiyah dan komunitas /masyarakat,
  • Penguatan pengamalan nilai-nilai Islam dalam kehidupan kampus,
  • Pengembangan ilmu dan teori berbasis nilai-nilai Islam untuk bidang-bidang yang relevan yang mewarnai dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Optimalisasi IT untuk pengelolaan lembaga dicapai dengan strategi penyempurnaan manajemen sistem informasi universitas yang lengkap, akurat dan mutakhir.
Peningkatan kerjasama institusi level nasional dan internasional dicapai dengan meningkatkan perintisan Kerjasama PT Mitra dan DUDI baik nasional maupun internasional.
Scroll to Top